HAJIRA (2021) HUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SBDP KELAS IV DI SDN 4 BANAWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Hajira 2020. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa
dalam Pembelajaran SBdP Kelas IV di SDN 4 Banawa Pada Masa Pandemi Covid19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako,
Pembimbing Yun Ratna Lagandesa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kreativitas
mengajar guru terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBdP kelas IV
SDN 4 Banawa pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adanya hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar
siswa dalam pembelajaran SBdP kelas IV SDN 4 pada masa pandemi Covid-19.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SDN 4 Banawa dengan jumlah
total 20 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasi. Instrumen yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah observasi, angket dan dokumentasi. Hasil belajar
siswa diperoleh dari data nilai ulangan harian.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan peneliti
menunjukkan bahwa : Kreativitas mengajar guru di SDN 4 Banawa termasuk dalam
kategori sangat baik, terdapat 18 siswa atau 90% yang menyatakan kreativitas
mengajar guru sangat tinggi dan 2 siswa atau 10% yang menyatakan kreativitas
guru tinggi. Hasil belajar siswa kelas IV dari hasil pembelajaran SBdP diperoleh
bahwa 20 siswa yang menjadi responden terdapat 9 siswa atau 45% yang hasil
belajar SbdPnya mendapatkan predikat baik sekali dan 11 siswa atau 55% yang
hasil belajar SbdPnya mendapatkan predikat baik dan terdapat hubungan yang
signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran SBdP. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rhitung > rtabel = 0,6355 >
0,4438 pada taraf signifikan 95% atau taraf kesalahannya 5% atau 0,05 dan n-2 =
18 (20-2). Pada nilai interprestasi koefisien korelasi, maka dapat dikategorikan
“Kuat†tingkat hubungannya. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis (H1)
“diterima†dan hipotesis (H0) “ditolak†dengan demikian ada hubungan kreativitas
mengajar guru terdahap hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBdP kelas IV
SDN 4 pada masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112197 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |