FISKA ARIYANTI (2021) HUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 14 BUNGKU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Fiska Ariyanti, (2021), Hubungan Kreativitas Mengajar Guru terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDN 14 Bungku pada
Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Akina.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kreativitas
mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas
V SDN 14 Bungku pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adanya hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 14 Bungku pada masa
pandemi covid-19. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 14
Bungku dengan jumlah total 16 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasi.
Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket dan
dokumentasi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa
materi pecahan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas
mengajar guru di SDN 14 Bungku pada masa pandemi covid-19 termasuk dalam
kategori sangat baik, terdapat 15 siswa atau 93,75% yang menyatakan kreativitas
mengajar guru sangat tinggi dan 1 siswa atau 6,25% yang menyatakan kreativitas
mengajar guru tinggi. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika
kelas V termasuk dalam kategori baik, terdapat 11 siswa atau 68,75% siswa yang
hasil belajar matematikanya mendapat predikat baik sekali dan 5 siswa atau
31,25% siswa yang hasil belajar matematikanya mendapatkan predikat baik. (3)
Terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan
nilai rhitung > rtabel = 0,5151 > 0,4973 pada taraf signifikasi 95% atau ? = 0,05 dan
n-2 = 14 (16-2). Nilai koefisien korelasi ini jika diinterpretasikan pada nilai
interpretasi koefisien korelasi dapat dikategorikan “sedang†tingkat pengaruhnya.
Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis (H1) “diterima†dengan demikian ada
hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
V SDN 14 Bungku pada masa pandemic covid-19.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112202 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |