FATIMAH RAMADHAN (2022) HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI KELOMPOK B TK GRAHA KRIDA PKS UNGKAYA KECAMATAN WITA PONDA KABUPATEN MOROWALI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Fatimah Ramadhan. (2021). Hubungan Manajemen Kelas Terhadap Perkembangan
Sosial Emosional Anak Di Kelompok B TK Graha Krida PKS Ungkaya Kec. Wita Ponda
Kab. Morowali. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing
Andi Agusniati. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Masalah yang ditemukan ialah
tenaga pengajar di TK Graha Krida lulusan S1 PG – PAUD, D2 PGSD Dan SMA. Selain itu
kurangnya penggunaan pendekatan manajemen kelas sehingga suasana kelas kurang kondusif
serta jumlah anak yang melebihi kapasitas yang seharusnya.
Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui Hubungan Manajemen Kelas Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah
deskiptif. Subyek penelitian berjumlah 16 anak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi,
hasil wawancara dan dokumentasi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik
presentase. Hasil penelitian analisis deskriptif, terdapat hubungan manajemen kelas terhadap
perkembangan sosial emosional anak, dilihat dari nilai rata-rata BSH anak pada 4 pendekatan
manajemen kelas yang diterapakan di TK Graha Krida PKS Ungkaya yaitu : Rekapitulasi
perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Pendekatan Ancaman berkembang sangat
baik 20,83%, 39,59% katagori berkembang sesuai harapan, 39.58% katagori mulai
berkembang. Rekapitulasi perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Pendekatan
Kekuasaan berkembang sangat baik 20,83%, 43,75% katagori berkembang sesuai harapan,
35.42% katagori mulai berkembang. Rekapitulasi perkembangan Sosial Emosional Anak
Dengan Pendekatan Suasana Emosi dan Hubungan Sosial berkembang sangat baik 20,83%,
68,83% katagori berkembang sesuai harapan, 8.33% katagori mulai berkembang.
Rekapitulasi perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Pendekatan Pengajaran
berkembang sangat baik 20,83%, 39,59% katagori berkembang sesuai harapan, 39.58%
katagori mulai berkembang. kemudian dapat dilihat bahawa pendekatan yang memiliki
presentasi BSH paling tinggi adalah Pendekatan Suasana Emosi dan Hubungan Sosial, serta
yang paling rendah adalah Pendekatan Ancaman. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
hubungan manajemen kelas terhadap perkembangan sosial emosional anak.
Kata Kunci : Manajemen Kelas, Perkembangan Sosial Emosional Anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112239 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |