HUBUNGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DIKELOMPOK B PAUD AL IHSABA DESA KALUKUNANGKA KECAMATAN BAMBAIRA KABUPATEN PASANGKAYU

MUTMAINNA S (2020) HUBUNGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DIKELOMPOK B PAUD AL IHSABA DESA KALUKUNANGKA KECAMATAN BAMBAIRA KABUPATEN PASANGKAYU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mutmainna S. (2019). Hubungan Metode Demontrasi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Kelompok B PAUD Al Ihsaba Desa Kalukunangka Kecamatan Bambaira Kabupaten Pasangkayu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Humaedi, (II) Besse Nirmala.
Masalah utama penelitian yaitu perkembangan motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan metode demonstrasi terhadap perkembangan motorik halus anak di kelompok B PAUD Al Ihsaba Desa Kalukunangka Kecamatan Bambaira Kabupaten Pasangkayu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 15 anak, terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan presentase. Hasil pengumpulan data pada minggu pertama, Pada aspek mewarnai gambar, 1anak (7%) kategori BSB, 3 anak (20%) kategori BSH, 5 anak (33%) kategori MB, dan 6 anak (40%) kategori BB. Aspek menggunting kertas kata, 1anak (7%) kategori BSB, 3 anak (20%) kategori BSH, 3 anak (20%) kategori MB, dan 8 anak (53%) kategori BB. pada aspek menempel gambar, 1 anak (7%) kategori BSB, 2 anak (13%) kategori BSH, 3 anak (20%) kategori MB , dan 9 anak (60%) kategori BB. Setelah minggu keempat, aspek mewarnai gambar, 4 anak (27%) kategori (BSB), 6 anak (40%) kategori (BSH), 3 anak (20%) kategori (MB), dan 2 anak (13%) kategori (BB).Aspek menggunting kertas, 3 anak (20%) kategori (BSB), 7 anak (47%) kategori (BSH) 3 anak (20%) kategori (MB), dan 2 anak (13%) kategori (BB).Pada aspek menempel gambar, 4 anak (27%) kategori (BSB), 6anak (40%) kategori (BSH), 3anak (20%) kategori (MB), dan 2 anak (13%) kategori (BB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan metode demonstrasi terhadap perkembangan motorik halus anak di kelompok B PAUD Al Ihsaba Desa Kalukunangka Kecamatan Bambaira Kabupaten Pasangkayu.
Kata Kunci: Metode Demontrasi, Perkembangan Motorik Halus, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112253
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item