HUBUNGAN MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR DI KOTA PALU

SARIPAH MEISAHRO (2021) HUBUNGAN MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR DI KOTA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saripah Meisahro, 2020. Hubungan Motivasi dan Gaya Belajar dengan
Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar di Kota Palu.
Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (Ketua), H. Amiruddin
Kasim, (Anggota) Kasmudin Mustapa..
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar,
motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar
di Kota Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan melihat
hubungan antara dua variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel dalam penelitian
ini adalah semua populasi yang berjumlah 267 siswa yaitu siswa kelas V dan VI
SD Alkhairaat 1 Palu, SD Inpres Bumi Sagu dan SD Inpres Boyaoge. Teknik
Pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling atau sampel jenuh.
Hasil perhitungan frekuensi motivasi belajar terdapat 19,85% yang memperoleh
nilai 81-127 berada pada kategori sedang dan untuk kategori tinggi sebanyak
80,15%, yang memperoleh nilai 128-175, sedangkan kriteria rendah 0%. Hasil
Analisis deskriptif gaya belajar siswa diketahui terdapat 127 atau 47,6% siswa
yang memiliki gaya belajar auditori, 61 atau 22,8% siswa memiliki gaya belajar
visual dan 79 atau 29,6% siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik.
Berdasarkan hasil belajar IPA dalam frekuensi diperoleh nilai 75,2-79,4 berjumlah
79 orang (29,59%) memiliki kriteria rendah, dan yang memperoleh nilai 79,5-85,4
berjumlah 175 orang (65,54%) memiliki kriteria sedang, dan siswa yang
memperoleh nilai 85,5-90 berjumlah 13 orang (4,87%) memiliki kriteria tinggi.
Hasil uji statistik menyatakan bahwa 1) terdapat hubungan yang sedang atau
cukup kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar di
Kota Palu, yaitu dengan nilai hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar
sebesar 0,508. 2) terdapat hubungan yang lemah antara gaya belajar dengan hasil
belajar IPA siswa sekolah dasar di Kota Palu dengan nilai hubungan gaya belajar
dengan hasil belajar 0,324. serta 3) terdapat hubungan yang sangat lemah antara
motivasi belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar di
Kota Palu dengan nilai 0,039.
Kata Kunci : motivasi belajar, gaya belajar, hasil belajar, IPA

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112285
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item