HUBUNGAN MOTIVASI DAN SUMBER BELAJAR MUSEUM TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMK BINA POTENSI PALU

REFIADY (2020) HUBUNGAN MOTIVASI DAN SUMBER BELAJAR MUSEUM TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMK BINA POTENSI PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara motivasi
belajar dan sumber belajar museum terhadap hasil belajar sejarah siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar
sejarah siswa, hubungan sumber belajar museum terhadap hasil belajar sejarah
siswa, serta hubungan motivasi belajar dan sumber belajar museum terhadap hasil
belajar sejarah siswa SMK Bina Potensi Palu. Penelitian ini termasuk penelitian
deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 250 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara purposive cluster random sampling. Teknik
pengumpulan data dengan nilai ujian siswa dan angket. Nilai ujian siswa
digunakan untuk mengambil data tentang hasil belajar sejarah siswa sedangkan
angket digunakan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan motivasi
belajar dan sumber belajar museum. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar 0,812, sumber belajar
museum dengan hasil belajar juga menunjukkan hubungan yang kuat sebesar
0,806, sedangkan hubungan motivasi belajar dan sumber belajar museum dengan
hasil belajar sejarah siswa memperoleh hubungan yang kuat sebesar 0,814.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112287
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item