Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kawatuna Kota Palu

SHERWIN GABRIEL DOMPE (2024) Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kawatuna Kota Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Sherwin Gabriel Dompe. Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di
Puskesmas Kawatuna Kota Palu (di bawa bimbingan Muh Ryman Napirah)
Peminatan Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarkat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako
World Health Organization (WHO) telah menetapkan bahwa kesehatan
merupakan investasi, hak, dan tanggung jawab individu. Kutipan ini tercantum
dalam Undang-Undang No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan yang menetapkan
bahwa setiap orang berhak menerima layanan kesehatan. Penelitian ini adalah
untuk mengetahui Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di
puskesmas kawatuna Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan
pendekatan cross-sectional bagian ini akan menguji hubungan antara variabel
independen dan variabel dependen. Populasi penelitian ini seluruhnya terdiri dari
pasien rawat jalan yang berobat di Puskesmas Kawatuna Kota Palu. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Accidental Sampling, yaitu suatu
metode penetuan sampel dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau
tersedia yang dikumpulkan berdasarkan kriteria. Pengambilan data menggunakan
alat ukur lain kuesioner, skala likert, observasi, dan wawancara. Uji data yang
digunakan adalah uji univariat dan bivariat. Hasil Penelitian ini menunjukan bukti
fisik dengan p velue = 0,049 bermakna memiliki hubungan yang signifikan
terhadap kepuasan pasien, Keandalan dengan p velue = 0,008, daya tanggap
dengan p velue = 0,023, jaminan dengan p velue = 0,032 dan empati dengan p
velue = 0,019 bermakna memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan
pasien. Adapun saran untuk Puskesmas kawatuna di harapkan dengan hasil
penelitian menjadi acuan dalam merancang program-program kepuasan pasien
yang berfokus pada bukti fisik, Keandalan, daya tanggap, jaminan, dan emapati.
Kata Kunci: Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati,
Puskesmas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112292
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item