YUNISTASYA CLAUDIA MAWENGI (2024) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Katomaliga Beteleme Kabupaten Morowali Utara. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Yunistasya Claudia Mawengi. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan
Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Katomaliga Beteleme Kabupaten
Morowali Utara (di bawah bimbingan Vidyanto)
Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako
Mutu pelayanan kesehatan adalah tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan
yang dapat menimbulkan kepuasan setiap pasien. Mutu pelayanan kesehatan yang
diberikan menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam
memenuhi kebutuhan setiap pasien, semakin sempurna kebutuhan setiap pasien
maka semakin baik mutu pelayanan kesehatan. Puskesmas Katomaliga sudah
menerapkan sistem manajemen mutu organisasi standardisasi internasional
sebagai jaminan mutu pelayanan. Namun keterlibatan sumber daya manusia
belum berjalan dengan baik karena belum di libatkan beberapa pegawai
khususnya pada manajemen tingkat bawah akibatnya beberapa pegawai belum
memahami tentang organisasi standardisasi internasional dan bagaimana
organisasi standardisasi internasional tersebut di laksanakan. Belum konsistennya
dalam melaksanakan kegiatan seperti pencatatan dan pelaporan di akibatkan
karena padatnya pelayanan, hal tersebut akan berdampak pada manajemen yang
kurang baik sehingga mutu pelayanan akan berjalan kurang maksimal. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan
kepuasan pasien rawat jalan Di Puskesmas Katomaliga Beteleme Kabupaten
Morowali Utara. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan
desain cross-sectional, data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner oleh 98
pasien rawat jalan di puskesmas. Analisis data dilakukan secara univariat dan
bivariat. Hasil penelitian diperoleh variabel yang berhubungan adalah kehandalan
(p=0,002), jaminan (p=0,004), bukti fisik (p=0,000), empati (p=0,007) dan daya
tanggap (p=0,010). Karena nilai p dari semua variabel <0,05 maka hal ini
menandakan ada hubungan antara kehandalan, jaminan, bukti fisik, empati dan
daya tanggap dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Katomaliga
Beteleme Kabupaten Morowali Utara. Penelitian ini dapat digunakan sebagai
panduan untuk mengembangkan peningkatan mutu pelayanan kesehatan di
Puskesmas Katomaliga Beteleme Kabupaten Morowali Utara, dengan fokus pada
meningkatkan kepuasan pasien.
Kata kunci : Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112294 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |