HUBUNGAN PENERAPAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN INPRES 3 TONDO

AKBAL (2021) HUBUNGAN PENERAPAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN INPRES 3 TONDO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Akbal 2018. Hubungan Penerapan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SDN Inpres 3 Tondo". Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. H. Syamsul Bahar, M.Pd (II) Drs. Idris Pattekai, M. Hum.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Inpres 3 Tondo dikarenakan kurang hubungan penerapan manajemen kelas, terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya jumlah siswa yaitu 24 orang hanya 12 orang siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sehingga tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan penerapan manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Data yang dikumpulkan menggunakan metode angket atau kuesioner dan metode dokumentasi dan subjek dalam penelitian ini semua siswa kelas V SDN Inpres3 Tondo yang berjumlah 24 orang yaitu 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan, semua siswa menjadi responden sehingga fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penerapan manajemen kelas dengan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SDN Inpres 3 Tondo. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistic inferensial yaitu teknik analisis perhitungan korelasi product moment dengan menggunakan rumus angka kasar dari Pearson. Berdasarkan pengujian statistic inferensial pada taraf signifikan 5% atau 0,05 dan n

= 24, hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung> r table yaitu, 0,794 > 0,404 yang berarti ada hubungan antara penerapan manajemen kelas (variabel X) dengan hasil belajar (variabel Y) Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Inpres3 Tondo.

Kata Kunci: Hubungan Penerapan Kelas, Hasil Belajar, Mata, Pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112343
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item