HUBUNGAN PENGETAHUAN KONSEP OPERASI BILANGAN BULAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS TINGGI DI SD INPRES LELUMPANG

NURSAM (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN KONSEP OPERASI BILANGAN BULAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS TINGGI DI SD INPRES LELUMPANG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nursam, (2019). Hubungan Pengetahuan Konsep Operasi Bilangan Bulat terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Tingi di SD Inpres Lelumpang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: (I) Akina dan Pembimbing (II) Mufidah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan konsep operasi bilangan bulat terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas tinggi. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Inpres Lelumpang dengan jumlah 15 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 15 orang siswa, terdapat 2 orang siswa atau 13,15% yang memiliki pengetahuan konsep operasi bilangan bulat sangat baik sangat baik, dari 15 orang siswa terdapat 4 orang siswa atau 26,67% yang memiliki pengetahuan konsep operasi bilangan bulat baik, dan dari 15 orang siswa terdapat 9 orang siswa atau 60% yang memiliki pengetahuan konsep operasi bilangan bulat cukup. Sedangkan prestasi belajar siswa dari 15 orang siswa, terdapat 1 siswa atau 6,67% prestasi belajarnya baik sekali, terdapat 4 orang siswa atau 26,67% presentasi belajarnya baik dan dari 15 orang siswa, terdapat 10 orang siswa atau 66,67% presentasi belajarnya cukup. Berdasarkan data yang ditemukan dalam penelitian ini, bahwa analisis korelasi yang di konsultasikan pada taraf signifikan ?=95% diperoleh r_(hitung )> r_tabel atau 0,5602>0,514. Jadi dapat di simpulkan bahwa hasil penelitian ini ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan konsep operasi bilangan bulat terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas tinggi di SD Inpres Lelumpang.
Kata kunci: Konsep Operasi Bilangan Bulat, Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112410
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item