HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES 3 TOLAI

ADE WIYAN AYU ANJANI (2021) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES 3 TOLAI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua dengan motivasi belajar selama pandemi Covid 19. Jenis penelitian yang digunakan adalah Korelasi (Correlational Studies) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 29 responden yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Inpres 3 Tolai. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 26 terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Uji normalitas dan uji korelasi digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara peran orang tua dengan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari perolehan nilai koefisien korelasi antara variabel peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,698 (tingkat hubungan tinggi) dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena harga signifikasinya 0,000 < 0> dari 0,367 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD Inpres 3 Tolai
Kata kunci: Peran orang tua, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112443
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item