IREN VIONITA MEHINGKO (2022) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TARIPA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Iren Vionita Mehingko, (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua
Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 1 Taripa, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Herlina,
S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Taripa Kecamatan Pamona Timur
Kabupaten Poso. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Tingkat
Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas
V di SD Negeri 1 Taripa yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 8
perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
angket dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan 2 teknik yaitu
analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan maksud untuk memberikan
gambaran Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar
Siswa SD Negeri 1 Taripa. Dengan menggunakan persentase persen (%)
kemudian di narasikan untuk mengambil kesimpulan. Berdasarkan data yang
ditemukan dalam penelitian ini, hasil analisis korelasional yang di konsultasikan
pada taraf signifikan 95% atau =0,05), di peroleh r hitung r tabel yaitu 0,450
0,444. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) di terima dan hipotesis nol
(H0) di tolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat
pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 1 Taripa.
Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112641 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |