AIDAH BILKHAIR NUR (2021) Identifikasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Berdasarkan Kemampuan Multirefresentasi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Aidah, 2021. Identifikasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Berdasarkan Kemampuan Multirepresentasi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Dr. Muslimin, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa SMA Al-Alzhar Mandiri Palu berdasarkan kemampuan multirepresentasi siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XID tahun ajaran 2020/2021 yang diikuti oleh 33 siswa . Data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir tingkat tinggi materi gerak lurus yang terdiri dari 4 butir soal yaitu soal dengan level kognitif C4 (Analisis) pada soal pertama dan soal kedua, soal dengan level kognitif C5 (Evaluasi) pada soal ketiga dan soal dengan level kognitif C6 (mencipta) pada soal keempat dan selanjutnya dilakukan wawancara kepada 6 responden yang terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HOTS siswa tergolong cukup dengan persentase 42,33?n persentase multirepresentasinya yaitu 31,36% yang tergolong rendah. Dimana diperoleh presentase HOTS siswa pada level kognitif C4 (analisis), C5 (Evaluasi) dan C6 (Kreasi) berturut-turut adalah sebesar 69,32%, 15,15 ?n 15,15?n presentase multirpresentasi siswa berturut-turut diperoleh 52,42%, 9,09%, 11,52%.Representase yang paling banyak digunakan adalah representase matematis 40,15 ?ri skor ideal dan terlihat bahwa penggunaan representasi matematis yang baik dan jelas tidak menjamin siswa menemukan solusi yang tepat pada masalah fisika kategori HOTS. Selain itu, juga terlihat bahwa kemamp uan multirepresentasi saling berhubungan dengan HOTS siswa dimana semakin baik multirepresentasi siswa maka semakin baik pula HOTS siswa. Demikian juga sebaliknya, apabila multirepresentasi siswa berada dalam kategori kurang maka kemampuan HOTS nya juga akan kurang.
Kata Kunci : HOTS, Multirepresentasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112882 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |