NUR RAHMA (2024) Identifikasi Jenis-Jenis Tumbuhan Di Sekitar Lingkungan SMA Negeri 1 Palu Dan Pemanfaatannya Sebagai Sumber Belajar. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nur Rahma, 2024. “Identifikasi Jenis-Jenis Tumbuhan di Sekitar Lingkungan
SMA Negeri 1 Palu dan Pemanfaatannya Sebagai Sumber Belajarâ€. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing : (1) Astija, dan (2) Vita Indri Febriani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis-
jenis tumbuhan yang terdapat di sekitar lingkungan SMA Negeri 1 Palu dan
menentukan kelayakan flipbook mengenai identifikasi jenis-jenis tumbuhan di
sekitar lingkungan SMA Negeri 1 Palu sebagai sumber belajar. Penelitian ini
merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif
kualitatif dengan metode survei dan teknik jelajah. Penelitian ini dilakukan di
sekitar lingkungan SMA Negeri 1 Palu pada bulan Mei 2024. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa jenis-jenis tumbuhan yang ditemukan sebanyak 50 species,
diantaranya yaitu Maranta arundinacea, Alocasia macrorrhizos, Euphorbia
tithymaloides, Alocasia cucullata, Pilea microphylla, Oxalis corniculata,
Peperomia pellucida, Graptophyllum pictum, Tabernaemontana divaricata,
Syzygium polyanthum, Aglaonema rotundum, Drimiopsis maculata, Ledebouria
socialis, Chlorophytum comosum, Homalomena rubescens, Zamioculcas
zamiifolia, Chlorophytum orchidastrum, Heliconia rostrata, Clitoria ternatea,
Syzygium oleana, Macaranga tanarius, Euphorbia umbellata, Tradescantia
pallida, Pseuderanthemum maculatum, Acalypha indica, Dypsis lutescens, Cycas
revoluta, Asplenium nidus, Ixora coccinea, Codiaeum variegatum, Catharanthus
roseus, Bougainvillea glabra, Bougainvillea buttiana, Adenium obesum,
Excoecaria cochinchinensis, Polyscias scutellaria, Duranta erecta, Pterocarpus
indicus, Asystasia gangetica, Mangifera indica, Monoon longifolium, Ehretia
microphylla, Musa acuminata, Dracaena trifasciata, Dracaena angolensis,
Aglaonema commutatum, Cordyline fruticosa, Agave demeesteriana, Alocasia
micholitziana, dan Dracaena hyacinthoides. Tumbuhan tersebut terbagi menjadi
24 familia dan 5 habitus, baik tumbuhan yang tumbuh secara liar maupun
tumbuhan yang dibudidayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan
liar yang ditemukan terdiri dari 5 familia yaitu sebanyak 5 species dan tumbuhan
budidaya yang ditemukan terdiri dari 21 familia yaitu sebanyak 45 species. Hasil
penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber belajar berupa flipbook.
Berdasarkan hasil persentase penilaian kelayakan yang dilakukan oleh 3 dosen
validator ahli (isi, desain, dan media) dan uji coba kepada siswa, menunjukkan
bahwa hasil validasi kelayakan sumber belajar dalam bentuk flipbook sangat layak
digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran dengan persentase sebesar
89%.
Kata Kunci: Tumbuhan, SMA Negeri 1 Palu, Sumber Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112915 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |