IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK SMP KELAS VIII KABUPATEN TOLITOLI

HAFIDZA AZAHRA (2023) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK SMP KELAS VIII KABUPATEN TOLITOLI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Azahra Hafidza, 2003. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four Tier Diagnostic Test Pada Materi Gelombang Bunyi Untuk SMP Kelas VIII Kabupaten Tolitoli. Skripsi. Program studi pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Marungkil Pasaribu, M.Sc.

Penbelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada materi gelombang bunyi di SMP Kelas VIII Kabupaten Tolitoli dengan menggunakan four-tier diagnostic test. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 60 orang siswa dari kelas VIII SMP Negeri 2 Tolitoli, SMP Negeri 5 Tolitoli, dan SMP Negeri 8 Tolitoli. Penentuan responden menggunakan Teknik purposive sampling yaitu dengan mengambil responden yang mengalami miskonsepsi tertinggi sebanyak 10 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Tolitoli dengan kriteria miskonsepsi rendah yaitu pada angka 27%, Adapun hasil identifikasi menunjukan bahwa siswa SMP Negeri di Tolitoli telah memahami dengan baik konsep gelombang bunyi sehingga hasil yang dicapai yaitu padab kriteria miskonsepsi yaitu rendah.

Kata kunci: Identifikasi, Miskonsepsi, Four Tier Diagnostic Test, Gelombang bunyi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/113027
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item