TRI ULANDARI (2022) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA NEGERI 3 POSO DI KABUPATEN POSO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak
Tri Ulandari, 2020. “Identifikasi miskonsepsi siswa pada masa pandemi Covid-
19 menggunakan tes diagnostik three tier pada materi larutan penyangga kelas XI
SMA Negeri 3 Poso di kabupaten Posoâ€. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Minarni
Rama Jura.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi pada siswa
kelas XI SMA Negeri 3 Poso menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif pada
materi larutan penyangga di masa pandemi covid-19. Subjek penenlitian ini terdiri
dari 36 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes diagnostik pilihan ganda tiga
tingkat (Three-tier) dengan jumlah soal sebanyak 10 butir soal. Berdasarkan hasil
penelitian dan analisis data menunjukan bahwa presentase paham konsep
sebanyak 23,33 %, miskonsepsi siswa sebanyak 42,78 %, dan tidak paham
konsep sebanyak 33,89 %. Berdasarkan hasil presentase tersebut siswa yang
mengalami miskonsepsi (False Positif) sebanyak 11,39 %, miskonsepsi (False
Negatif) sebanyak 11,11 %, miskonsepsi sebanyak 20,28 %. Miskonsepsi masih
terjadi di tiap indicator pada materi larutan penyangga, di mana miskonsepsi
tertinggi terdapat pada butir soal nomor 8 dengan indicator penentuan
karakteristik larutan penyangga dalam keadaan asam atau basa dengan presentase
sebesar 50 %, butir soal nomor 9 dan 10 dengan indicator penjelasan cara
pembuatan larutan penyangga dengan presentase masing-masing yaitu 47,22 %.
Kurangnya pemahaman siswa pada materi larutan penyangga merupakan factor
utama penyebab terjadinya miskonsepsi, ditambah dengan situasi pandemi yang
mengharuskan siswa untuk lebih banyak belajar mandiri menyebabkan
terbatasnya komunikasi antara guru dan siswa. Dengan demikian, hasil dalam
kategori miskonsepsi siswa SMA Negeri 3 Poso berada pada kategori sedang.
Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber informasi serta menjadi
motivasi dan acuan bagi pengajar dan pelajar untuk dapat memahami materi kimia
lebih baik lagi sehingga meminimalisir terjadinya miskonsepsi pada siswa.
Kata kunci : Miskonsepsi, Three-tier, Larutan penyangga, Covid-19.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/113035 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |