IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER Di SMP Negeri 2 TINOMBO

FEBRYANTI (2023) IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER Di SMP Negeri 2 TINOMBO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep peserta didik menggunakan model problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tinombo. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan responden sebanyak 6 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes diagnostik four-tier sebanyak 10 nomor. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh persentase rata-rata tidak paham konsep sebesar 17,2%, miskonsepsi sebesar 38,8?n paham konsep sebesar 44%. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik masih termasuk dalam kriteria sedang. Kebanyakan peserta didik mengalami miskonsepsi dan tidak paham konsep. Penyebab kurangnya pemahaman konsep peserta didik yaitu dari pemahaman peserta didik itu sendiri. Sebab lainya yaitu kurangnya tingkat keaktifan peserta didik dalam mengikuti arahan pembelajaran sesuai dengan model problem based learning. Kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan model problem based learning sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/113048
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item