IDENTIFIKASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA KABUPATEN TOLI-TOLI

NILDAWATI (2023) IDENTIFIKASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA KABUPATEN TOLI-TOLI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nildawati A 351 15 076, Identifikasi pembelajaran online pada mata pelajaran
geografi pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Dampal Utara
Kabupaten Toli-toli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tadulako. Pembimbing Amalia Novarita, S.Pd.,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana identifikasi pembelajaran
online pada mata pelajaran geografi pada masa pandemi Covid-19 di SMA
Negeri 1 Dampal Utara Kabupaten Tol i-toli, dan Kendala apa yang dihadapi
dalam identifikasi pembelajaran online pada mata pelajaran geografi pada masa
pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Dampal Utara Kabupaten Toli-toli.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Subjek penelitian dalam penelitian ini guru geografi di SMA Negeri 1 Dampal
Utara. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian adalah
pembelajaran daring di sekolah SMA Negeri 1 Dampal Utara Kabupaten Toli-toli
sudah terlaksana cukup baik dalam versi pelaksanaan dimana guru sebelum
memulai pembelajaran guru mempersiapkan RPP daring, membuat media
pembelajaran yang disediakan dengan materi yang akan dipelajari dengan
mempersiapkan bahan ajar yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran.
Dalam mengidentifikasi pembelajaran daring guru dan peserta didik menggunakan
Whatsapp meskipun pembelajaran dilakukan secara daring guru tetap melakukan
perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, mempersiapkan bahan
ajar sebelum proses pembelajaran berlangsung. Selain itu whatsaap digunakan
untuk membagikan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran. Dalam
mengidentifikasi pembelajaran guru menggunakan media berupa video,
penggunaan media pembelajaran berupa video bertujuan untuk mempermudah
peserta didik dalam memahami materi. Adapun kendala yang dihadapi guru prihal
video pembelajaran, yang dimana guru harus membuat video pembelajaran terkait
materi yang akan diajarkan, dan dalam pembuatan video tentunya ada kendala
tersendiri oleh guru terkait memori Handphone yang kadang tidak mencukupi.
Setelah memberikan video apakah siswa itu melihatnya atau mengabaikannya dan
itu pula yang menjadi suatu kendala bagi seorang guru yang tidak bisa memantau
siswanya.
Kata Kunci: Pembelajaran jarak jauh, Pembelajaran Geografi, covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/113054
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item