NILDAWATI (2023) IDENTIFIKASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA KABUPATEN TOLI-TOLI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nildawati A 351 15 076, Identifikasi pembelajaran online pada mata pelajaran 
geografi pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Dampal Utara 
Kabupaten Toli-toli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan 
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Tadulako. Pembimbing Amalia Novarita, S.Pd.,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana identifikasi pembelajaran 
online pada mata pelajaran geografi pada masa pandemi Covid-19 di SMA 
Negeri 1 Dampal Utara Kabupaten Tol i-toli, dan Kendala apa yang dihadapi 
dalam identifikasi pembelajaran online pada mata pelajaran geografi pada masa 
pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Dampal Utara Kabupaten Toli-toli. 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. 
Subjek penelitian dalam penelitian ini guru geografi di SMA Negeri 1 Dampal 
Utara. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, 
wawancara dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah 
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian adalah 
pembelajaran daring di sekolah SMA Negeri 1 Dampal Utara Kabupaten Toli-toli 
sudah terlaksana cukup baik dalam versi pelaksanaan dimana guru sebelum 
memulai pembelajaran guru mempersiapkan RPP daring, membuat media 
pembelajaran yang disediakan dengan materi yang akan dipelajari dengan 
mempersiapkan bahan ajar yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran. 
Dalam mengidentifikasi pembelajaran daring guru dan peserta didik menggunakan 
Whatsapp meskipun pembelajaran dilakukan secara daring guru tetap melakukan 
perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, mempersiapkan bahan 
ajar sebelum proses pembelajaran berlangsung. Selain itu whatsaap digunakan 
untuk membagikan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran. Dalam 
mengidentifikasi pembelajaran guru menggunakan media berupa video, 
penggunaan media pembelajaran berupa video bertujuan untuk mempermudah 
peserta didik dalam memahami materi. Adapun kendala yang dihadapi guru prihal 
video pembelajaran, yang dimana guru harus membuat video pembelajaran terkait 
materi yang akan diajarkan, dan dalam pembuatan video tentunya ada kendala 
tersendiri oleh guru terkait memori Handphone yang kadang tidak mencukupi. 
Setelah memberikan video apakah siswa itu melihatnya atau mengabaikannya dan 
itu pula yang menjadi suatu kendala bagi seorang guru yang tidak bisa memantau 
siswanya.
Kata Kunci: Pembelajaran jarak jauh, Pembelajaran Geografi, covid-19.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/113054 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

