FARISKA ANINDRASARI SURATNO (2020) Identifikasi Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Representasi Free Body Diagrams Untuk Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Hukum Newton. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan menggambar merupakan salah satu aspek kognitif yang harus
dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran fisika. Dalam pokok bahasan Hukum
Newton, siswa dituntut memiliki kemampuan representasi dalam bentuk diagram.
Gaya yang bekerja pada benda digambarkan terlebih dahulu pada diagram yaitu
Free Body Diagrams (FBD) sehingga siswa dapat lebih memahami persoalan
yang diberikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi tingkat
kemampuan siswa dalam representasi FBD untuk menyelesaikan soal fisika
pada materi hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Man Insan Cendekia Kota Palu pada
tahun ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA
Asy-Syams Man Insan Cendekia Kota Palu yang berjumlah 16 orang. Responden
penelitian ini berjumlah 6 orang berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah.
Instrumen penelitian ini terdiri dari tes tertulis dan tes wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat kemampuan representasi FBD siswa kelas X IPA
Asy-Syams Man Insan Cendekia Kota Palu pada umumnya masuk pada tingkat
needs improvement untuk soal nomor 1, 2, dan 3 dengan rata-rata persentase
secara berturut-turut sebesar 83,33%, 66,67%, dan 66,67%. Adapun pada soal
nomor 4 diperoleh persentase sebesar 50,00% siswa masuk pada tingkat
inadequate dalam representasi FBD pada materi hukum Newton.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/113164 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |