IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR UNTUK RPENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL PADA UANG RUPIAH MENGGUNAKAN MARKER-BASED TRACKING

PARHAN PAUZI SALIM (2024) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR UNTUK RPENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL PADA UANG RUPIAH MENGGUNAKAN MARKER-BASED TRACKING. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi Augmented
Reality (AR) sebagai media pembelajaran dalam pengenalan pahlawan nasional
pada uang Rupiah. Dengan memanfaatkan AR, pengguna dapat mengakses
informasi tambahan tentang pahlawan nasional yang terdapat pada uang Rupiah
melalui perangkat elektronik yang mendukung. Penelitian ini melibatkan
pengembangan aplikasi AR yang dapat diakses melalui smartphone atau tablet
untuk memvisualisasikan pahlawan nasional yang terdapat pada uang Rupiah dalam
bentuk Video penjelasan dan tiga dimensi dan menyediakan informasi terkait
sejarah dan kontribusi mereka terhadap bangsa. Diharapkan bahwa implementasi
AR dalam pembelajaran ini dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa
terhadap tokoh-tokoh pahlawan nasional serta mendorong penggunaan teknologi
dalam konteks Pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/113338
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item