BARKAT ANSARI (2024) IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI HUNTAP POMBEWE KABUPATEN SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perkonomian Indonesia
dengan signifikan berkontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. Penelitian ini
bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan digital marketing terhadap penjualan, strategi pemasaran,
dan hambatan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Huntap Pombewe.Metode triangulasi digunakan untuk
memastikan keabsahan data dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, metode, dan teori. Populasi
penelitian melibatkan pelaku UMKM di Huntap Pombewe yang telah menerapkan digital marketing dalam
penjualan produk mereka. Perbedaan pendapatan setelah menggunakan digital marketing terlihat dari peningkatan
penjualan produk, karena mencapai pasar yang lebih luas, termasuk daerah Kabupaten Sigi dan Kota
Palu.Hambatan yang dihadapi melibatkan kendala jaringan, yang mempengaruhi tampilan gambar dan daya tarik
live streaming penjualan. Para pelaku UMKM sangat memperhatikan stabilitas jaringan pada perangkat mereka
untuk mengatasi masalah ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif terhadap
penjualan dan strategi pemasaran UMKM di Huntap Pombewe. Meskipun terdapat beberapa hambatan seperti
koneksi internet tidak stabil, keterlambatan pengiriman, penipuan transaksi, dan manipulasi nomor admin,
penerapan digital marketing memberikan manfaat yang nyata dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan
produk UMKM.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/113390 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |