NANDA SRI RAMA (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD Isalam Khalifah Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nanda Sri Rama. 2024. A40120041. Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD Islasm Khalifah Palu. Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Zulnuraini, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini berfokus pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam Khalifah Palu dengan tujuan mengetahui bagaimana implementasi kurikulum Merdeka. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Islam Khalifah Palu merupakan satuan pendidikan yang berada dalam kategori tahap mahir di 13 aspek dalam implementasi kurikulum merdeka meliputi : 1) Perancangan kurikulum operasional satuan pendidikan, 2) Perancangan alur tujuan pembelajaran, 3) Perencanaan pembelajaran dan asesmen, 4) Penggunaan dan pengembangan perangkat ajar, 5) Perencanaan Projek penguatan profil pelajar pancasila, 6) Implementasi Projek penguatan profil pelajar pancasila, 7) Penerapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, 8) Keterpaduan penilaian dalam pembelajaran, 9) Pembelajaran sesuai tahap belajar peserta didik (pendidikan dasar dan menengah), 10) Kolaborasi antar guru untuk keperluan kurikulum dan pembelajaran, 11) Kolaborasi dengan orang tua/keluarga dalam pembelajaran, 12) Kolaborasi dengan masyarakat/komunitas/industry dan 13) Refleksi, evaluasi dan peningkatan kualitas implementasi kurikulum.
Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114069 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |