IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PJOK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECK BASED LEARNING DI SMA NEGERI 3 PALU

BERKAM (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PJOK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECK BASED LEARNING DI SMA NEGERI 3 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berkam, 2024. Impelmentasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PJOK dengan mengunakan model Projeck based learning di SMA Negeri 3 Palu. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurusan Ilmu
Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Gunawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri 3 Palu dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Dalam penelitian ini sampel yang digunakan 35 orang dengan menerapkan metode pre test dan post test. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif berupa uji paired sample t-test, untuk
memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan uji persyaratan analisis yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji t menunjukan bahwa signifikansi 21.101 > 0.486 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat
pengaruh antara penerapan model PjBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK permainan bola voli materi passing atas, 28.747 > 0.394 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara penerapan model PjBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pela jaran PJOK permainan bola voli materi passing bawah, 29.969 > 0.894 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara penerapan model PjBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK permainan bola voli materi servis atas, 20.312 > 0.138 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara penerapan model PjBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK permainan bola voli materi servis bawah, dan 36.956 > 0.090 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara penerapan model PjBL terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PJOK permainan bola voli materi smash. Secara rata-rata peningkatan nilai siswa dengan penerapan model PjBL lebih efektif dengan selisih 5 dan mean post test lebih tinggi dari mean pre test.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, PJOK, Model Projeck Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114071
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item