IMPLEMENTASI MARKER-BASED TRACKING DENGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA SURYA (STUDI KASUS : SD INPRES 1 TALISE)

LENA KERIANTI (2024) IMPLEMENTASI MARKER-BASED TRACKING DENGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA SURYA (STUDI KASUS : SD INPRES 1 TALISE). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tata surya merupakan salah satu pelajaran IPA yang diajarkan kepada siswa, khususnya siswa sekolah dasar, namun saat ini materi tentang topik tersebut masih dalam bentuk buku atau gambar 2D, sehingga siswa harus membayangkan seperti apa sistem pada tata surya. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Augmented Reality ke dalam media pembelajaran tata surya untuk memudahkan siswa/siswi SD Inpres 1 Talise dan menambah ketertarikan mereka dalam memahami sistem tata surya. AR memungkinkan pengguna untuk melihat objek virtual 2D atau 3D yang diproyeksikan ke dunia nyata, menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif di mana siswa dapat berinteraksi langsung dengan objek di dunia maya. Aplikasi media pembelajaran ini menampilkan objek 3D susunan tata surya dan penjelasannya. Aplikasi dibangun untuk perangkat mobile bersistem operasi Android dengan metode Marker-Based Tracking yang memanfaatkan penanda untuk melacak dan menampilkan objek virtual dalam dunia AR. Hasil penelitian yang diharapkan sesuai dengan hasil yang telah diperoleh, aplikasi yang dibangun dapat berjalan dengan baik disetiap fiturnya dan dapat mempermudah siswa untuk mempelajari Tata Surya yang lebih interaktif.
Kata Kunci - Augmented Reality, Tata Surya, Marker-Based Tracking

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114084
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item