IMPLEMENTASI METODE LINGKARAN KECIL DAN LINGKARAN BESAR TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA 3 PALU

IRWANTO (2022) IMPLEMENTASI METODE LINGKARAN KECIL DAN LINGKARAN BESAR TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA 3 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Irwanto, (2020) A 311 16 115 yang berjudul Implementasi MetodeLingkaran Kecil Dan Lingkaran Besar Terhadap Proses Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 3 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing Dr. Nuraedah S.Pd. M.Pd.
Permasalahan Artikel penelitian ini yakni: 1) Bagaimana Guru mengimplementasikan metode LKLB dalam pembelajaran sejarah di Kelas XII IPS di SMAN 3 Palu, dan 2) Bagaimana proses belajar Siswa setelah diterapkan Metode LKLB Sebagai Pembelajaran Sejarah?, Tujuan hasil penelitian ini adalah 1)Menganalisis implementasikan metode LKLB dalam pembelajaran sejarah di Kelas XII IPS di SMAN 3 Palu dan 2) Menjelaskan proses belajar Siswa di Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Palu. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Palu dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket. teknik analisis data menggunakan model yang terdiri dari atas: reduksi data ( data reduction ), penyajian data ( data display ), dan penarikan kesimpulan/verifikasi ( consclusion drawing/verification). Berdasarkan hasil penelitian 1) mengimplementasikan metode LKLB dalam pembelajaran sejarah di kelas XII IPS di SMAN 3 Palu,dan 2) Bagaimana proses belajar Siswa setelah diterapkan metode LKLB Sebagai pembelajaran sejarah?, Sebagian besar siswa memiliki implementasi yang positif terhadap proses belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah, Hasil observasi serta angket yang telah disebar kepada 34 responden, peneliti membuktikan bahwa siswa SMA Negeri 3 Palu?, memiliki proses belajar, yang dijadikan subjek 100% “setuju sampai sangat setuju” dari hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa saya merasa senang dan tertarik untuk mengikuti proses belajar mengajar sehingga membuat siswa mudah menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh Guru juga, membuat pelajaran sangat menarik, jika didalam pembelajaran Guru menggunakan metode LKLB tersebut
Kata Kunci: Metode, LKLB dan Proses Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114114
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item