MAHATIR BOHARI (2022) IMPLEMENTASI METODE PROMETHEE PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERANKINGAN SISWA TERBAIK BERDASARKAN KELAS UNTUK DI TEMPATKAN PADA KELAS KHUSUS (Studi Kasus: SMP AL-AZHAR MANDIRI PALU). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah pihak SMP Al-Azhar Mandiri Palu dalam mengelolah data proses perankingan siswa terbaik dan membuat penilaian menjadi lebih objektif sesuai yang diharapkan melalui pembuatan sistem pendukung keputusan perankingan siswa terbaik berdasarkan kelas untuk ditempatkan pada kelas khusus menggunakan metode PROMETHEE. Metode PROMETHEE merupakan Suatu metode penentuan urutan (prioritas) dalam analisis multikriteria. PROMETHEE mempunyai kemampuan untuk menangani banyak perbandingan, pengambilan keputusan, serta mengindikasi prioritas dan preferensi untuk setiap kriteria dengan memusatkan pada nilai (value), tanpa memikirkan tentang metode perhitungannya. Adapun kriteria-kriteria yang digunakan dalam sistem yaitu untuk kelas 7 berdasarkan Hasil Nilai PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) untuk bidang mata pelajaran bahasa inggris tiap tahunnya dan untuk kelas 8 yaitu Evaluasi rata-rata nilai rapor siswa, Perilaku siswa berdasarkan rekomendasi guru BK (Bimbingan Konseling) dan Rekomendasi dari wali kelas. Data yang digunakan oleh Penulis yaitu 192 data masing-masing pada kelas 7 dan kelas 8 merupakan data asli yang berasal dari SMP Al-Azhar Mandiri Palu. Sehingga dengan adanya sistem yang dibuat dapat memudahkan pihak SMP Al-Azhar Mandiri Palu dalam merankingkan siswa terbaik berdasarkan kelas untuk di tempatkan pada kelas khusus.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114135 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |