SRI MULIANA .R (2022) Implementasi Metode STEAM Melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21 Di Kelompok B2 PAUD TK Samporoa DWP Kota Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Sri Muliana .R (2022), “Implementasi Metode STEAM melalui Kegiatan Fun
Cooking sebagai Pembelajaran Abad 21 di Kelompok B2 PAUD TK Samporoa
DWP Kota Paluâ€.. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Andi
Agusniatih
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode STEAM melalui
kegiatan fun cooking sebagai pembelajaran abad 21. Penelitian ini dilakukan di
TK Samporoa DWP Kota Palu. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat 6 anak yang sudah mampu mengimplementasikan
metode STEAM melalui kegiatan fun cooking dengan baik tanpa bantuan,
kemudian 5 orang anak yang mampu melaksanakan kegiatan fun cooking sesuai
harapan yaitu dapat mengikiti 2-3 kegiatan fun cooking menggunakan metode
metode STEAM dengan baik, kemudian terdapat 2 orang anak dalam tahapan
masih berkembang yaitu anak masih membutuhkan bantuan guru pada kegiatan
fun cooking salah satunya pada pengembangan kemampuan technologi pada
pertemuan ketiga pada saat penggunaan pisau untuk memotong buah masih
membutuhkan bantuan dari guru, dan ada 2 anak lainnya yang belum mampu
melakukan kegiatan fun cooking dengan metode STEAM dengan benar melalui 5
aspek yang diamati, yaitu aspek science, aspek technologi, aspek engineering,
aspek art dan aspek mathematics. Hasil penelitian tersebut didapatkan dari
pengamatan 5 aspek yang digunakan adalah pertama, aspek science yaitu
mengembangkan pemahaman anak tentang menu yang akan diolah pada saat
kegiatan fun cooking. Kedua, aspek technologi yaitu anak dapat mengenal dan
menggunakan berbagai teknologi sederhana yang digunakan pada saat kegiatan
fun cooking. Ketiga, aspek engineering yaitu anak dapat mengolah menu yang
sudah dibuat pada saat kegiatan fun cooking dan anak dapat menceritakan kembali
kegiatan yang telah dilakukan. Keempat, aspek art yaitu anak kreatif menghias
menu yang sudah dibuat sesuai dengan keinginannya. Kelima, aspek mathematics
yaitu anak dapat mengenal konsep matematika sederhana dengan berhitung dan
dapat mengenal pola atau bentuk-bentuk geometri yang terdapat pada kegiatan fun
cooking. Dengan demikian metode STEAM melalui kegiatan fun cooking dapat
diterapkan sebagai pembelajaran abad 21.
Kata Kunci : Metode STEAM, Fun Cooking, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114149 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |