APPIA NITA TUNGKA (2023) IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN RUMPUN IPS DI SMANEGERI OLAHRAGA TADULAKO SULAWESI TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Appia Nita Tungka, 2023. Implementasi Model Contextual Teaching and
Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan
Komunikasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Rumpun IPS di SMA
Negeri Olahraga Tadulako Sulawesi Tengah. Tesis. Program Studi
Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. (Dibimbing
oleh: Misnah dan Idrus Rore).
Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi model CTL dalam
meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berkomunikasi peserta didik kelas
X SMANOR Tadulako Sulawesi Tengah pada mata pelajaran rumpun IPS. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner kepada informan guru
dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran implementasi model CTL.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara informan menjelaskan bahwa
implementasi model CTL memberikan peningkatan motivasi belajar dan
kemampuan komunikasi peserta didik pada mata pelajaran rumpun IPS. Hasil
olahan data angket penilaian motivasi belajar melalui pengukuran indikator
ketercapaian peserta didik diperoleh hasil rata-rata sebesar 55,83 persen dengan
nilai tertinggi pada indikator “adanya penghargaan dalam belajar†sebesar 59
persen. Penerapan model CTL berdampak terhadap tumbuhnya dorongan dan
kebutuhan belajar, menumbuhkan minat dan keaktifan belajar, menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif, menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan dan
memungkinkan peserta didik belajar aktif dan produktif. Implementasi model
CTL terhadap kemampuan komunikasi bagi peserta didik dengan melakukan
pengamatan terhadap indikator kemampuan berkomunikasi pada aspek
pemahaman, kesenangan, pengaruh sikap dan tindakan positif bagi peserta didik
baik saat proses pembelajaran di dalam kelas maupun interaksi peserta didik di
luar kelas. Berdasarkan fenomena tersebut dapat disimpulkan bahwa
Implementasi pembelajaran model CTL dapat meningkatkan motivasi belajar dan
kemampuan berkomunikasi yang efektif bagi peserta didik pada SMANOR
Tadulako Sulawesi Tengah Sulawesi Tengah dengan menerapkan metode
pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta penggunaan media pembelajaran
yang variatif.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan IPS |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114171 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |