IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PALU

NUR HAYATI N (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palu melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Palu pada tahun 2024 dan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI A2 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang mencakup hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes awal dan akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi aktivitas siswa. Dari keseluruhan aspek yang dinilai mendapatkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 42,86%, hasil observasi aktivitas guru sebesar 55%, dan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 66,67%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan yaitu mendapatkan nilai ketuntasan belajar sebesar 88,57%, hasil observasi aktivitas guru sebesar 85%, dan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas XI A2 SMA Negeri 3 Palu.

Kata kunci: Kemampuan Menulis Teks Argumentasi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114179
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item