Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 4 Terpencil Maganggal Bobalo

SUNARTI (2024) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 4 Terpencil Maganggal Bobalo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Sunarti, (2024), Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk
Write Uutuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 4 Terpencil
Maganggal Bobalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing, Herlina

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS, serta mengetahui kemampuan mengelola pembelajaran
dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada
siswa kelas V SDN 4 Terpencil Maganggal Bobalo. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 4
Terpencil Maganggal Bobalo berjumlah 18 siswa. Hasil observasi aktivitas siswa
dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write
meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran IPS di kelas V SDN 4
Terpencil Maganggal Bobalo. Hasil belajar siswa dari tindakan siklus I dengan
perolehan Ketuntasan belajar klasikal adalah 61,11%. dan Daya serap klasikal
adalah 66,11%. dan pada tindakan siklus II menjadi Ketuntasan belajar klasikal
adalah 88,88?n Daya serap klasikal adalah 72,33%. Hasil aktivitas siswa pada
siklus I tindakan I mencapai 55,55?n pada tindakan II mencapai 63,88%, pada
siklus II terjadi peningkatan pada tindakan I mencapai 75?n pada tindakan II
mencapai 86,11%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I tindakan I mencapai
63,88?n pada tindakan II menurun 58,33%, pada siklus II terjadi peningkatan
pada tindakan I dengan persentase 86,11?n pada tindakan II mencapai
91,66%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write; Hasil
Belajar IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114181
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item