SANITA (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BOLANO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Sanita, A32117101, 2021. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Two Stay TWo Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran PPKn di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Bolanoâ€. S kripsi, Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako,
Pembimbing Imran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilaksanakan dalam dua silkus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.
Setiap silkus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3)
Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII A SMP
Negeri 2 Bolano yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi.Peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PPKn dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray cukup signifikan.
Peningkatan keaktifan belajar siswa terlihat pada : (1) siswa yang memperhatikan
penjelasan guru, (2) siswa membaca materi pelajaran, (3) siswa mengerjakan kasus
atau tugas secara kelompok, (4) siswa berdiskusi dengan sesama anggota kelompok
untuk memecahkan masalah, (5) siswa bertanya kepada guru atau teman dalam proses
pembelajaran dan diskusi, (6) siswa memcatat materi pelajaran, (7) siswa membantu
sesama anggota kelompok untuk menguasai materi pelajaran, Dan (8) Siswa
mendengarkan presentasi atau penjelasan dari teman atau guru. Keaktifan belajar
siswa dilihat dari hasil observasi yang dilakukan selama proses penelitian yakni pada
siklus I mencapai 58,85?n pada siklus II meningkat menjadi 80,46%. Dengan
demikian secara keseluruhan kekatifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar
21,61%. Peningkatan keaktifan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori cukup
menjadi sangat aktif. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stary dapat meningkatkan keaktifan
belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas VIII A SMP Negeri 2 Bolano
Kata Kunci : Keaktifan Belajar Siswa, Two Stay Two Stary , PPKn
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114182 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |