IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP NEGERI SATAP 4 SINDUE TOBATA

DIAN SAFITRI (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP NEGERI SATAP 4 SINDUE TOBATA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Dian Safitri, A32117075,2023. “ Implementasi Model Pembelajaram Kooperatif
Learning Tipe Group Investigation (GI) Untuk menngkatkan keaktifan Belajar
siswa Dalam Pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri Satap 4 Sindue
Tobata ” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Hasdin
Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua
siklus terdiri dari empat tahapan 1) Tahapan perencanaan 2) pelaksanaan tindakan
3) observasi 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru PPKn dan seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri Satap 4 Sindue Tobata yang berjumlah 16 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi, pentingnya keaktifan belajar siswa
dalam pembelajaran PPKn dengan model kooperatif Learning Tipe Group
Investigation (GI)cukup signifikan peningkatan keaktifan belajar siswa terlihat
pada (1)Perhatian siswa dalam penjelasan guru (2) Kerja sama siswa dalam
kelompok (3) kemampuan siswa dalam mengemuakakn pendapatnya sendiri (4)
keberanian siswa dalam mengemukakan pertanyaan (5) memeberikan pendapat
atau gagasan (6) saling membantu dalam menyelesaikan masalah dalam diskusi
kelompok (7) mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat. Hasil
penelitian yang diperoleh yaitu aktivitas guru siklus I ke siklus II diperoleh
42,85% meningkat menjadi 76,8?n masuk dalam kategori baik. Keaktifan
belajar siswa dilihat dari hasil observasi yang dilakukan selama proses penelitian
yakni pada siklus I mencapai 57,59?n pada siklus II meningkat menjadi
82,14%. Dengan demikian secara keseluruhan keaktifan belajar siswa mengalami
peningkatan sebesar 24,55%. Peningkatan keaktifan tersebut terjadi secara
bertahap dari kategori cukup menjadi sangat aktif. Hal tersebut menunjukkan
bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation
(GI) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa salam pembelajaran PPKn di
Kelas VIII SMP Negeri Satap 4 Sindue Tobata.
Kata Kunci : Keaktifan Belajar Siswa, Group Investigation (GI), PPKn

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114183
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item