NIRWANA NOVITASARY (2020) Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Menggunakan Permainan Teka Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Kelas V Sdn 2 Tatura. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nirwana Novitasary. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Snow Ball Throwing
Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 2 Tatura, Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Tadulako, Pembimbing I Muh.
Tahir dan Pembimbing II Ali Karim.
Penelitian ini adalah penelitian tentang implementasi model pembelajaran snowball
throwing menggunakan permainan teka-teki silang untuk meningkatkan hasil belajar
bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Tatura. Permasalahan dalam penelitian yaitu
bagaimana implementasi model snowball throwing menggunakan permainan TTS
untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Tatura? dan
apakah implementasi model snowball throwing menggunakan permainan TTS dapat
meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Tatura? Penelitian ini
bertujuan untuk: mendeskripsikan model snowball throwing menggunakan
permainan TTS untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN 2
Tatura dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2
Tatura setelah implementasi model snowball throwing menggunakan Permainan TTS
pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Tatura? Jenis penelitian
adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua sikus dan setiap siklus
terdiri atas empat tahapan: (1) perencanaan (planning); (2) tindakan (acting); (3)
pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah
peserta didik kelas V SDN 2 Tatura dengan intrumen pengumpulan data
menggunakan: lembar obervasi, tes, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis
menggunakan analisis skor dan presentase. Berdasarkah hasil penelitian ditemukan
bahwa: (1) implementasi model snowball throwing menggunakan permainan TTS
untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Tatura
dilaksanakan dilaksanakan dengan prosedur: (a) penyampaian materi oleh guru; (b)
pembentukan kelompok, (ketua kelompok untuk mendengarkan penjelasan materi);
(c) menjelaskan materi kepada anggota kelompoknya; (d) kelompok menuliskan
pertanyaan yang dibentuk menjadi bola kertas; (e) melemparkan bola kertas dari satu
kelompok ke kelompok lain dan kelompok yang mendapatkan bola kertas menjawab
pertanyaan dalam kertas secara bergantian; dan (f) kegiatan evaluasi masing-masing
kelompok mengisi TTS; (2) peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia yaitu:
ketuntasan klasikal pada pratindakan 55%, siklus I 65% (meningkat sebesar 10%),
keterlaksanaan aktivitas guru 87% (sangat baik) dan aktivitas peserta didik 77,78%
(baik). Selanjutnya pada siklus II ketuntansan klasikal mencapai 85% (meningkat
sebesar 25%), keterlaksanaan aktivitas guru 98% (sangat baik) (meningkat 2%) dan
aktivitas peserta didik 90% (sangat baik (meningkat 12,78%). Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran
snowball throwing menggunakan permainan teka-teki silang dapat meningkatkan
hasil belajar bahasa Indonesia di Kelas V SDN 2 Tatura.
Kata Kunci: Snowball Throwing, TTS, dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pend. Bhs. Indonesia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114187 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |