IMPLEMENTASI MODUL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD 25 PALU

FITRIA (2023) IMPLEMENTASI MODUL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD 25 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Implementasi Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS
Siswa Kelas VI SD 25 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VI SD 25 Palu dalam pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas VI SD 25. Palu. Subjek
penelitian melibatkan 10 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri
atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian
menunjukkan hasil tes pra tindakan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal
mencapai 40?n daya serap klasikal 63%. Siklus I dengan perolehan presentase
ketuntasan klasikal 70?n daya serap klasikal 81% meningkat pada siklus II
dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 100?n daya serap klasikal 86%
Aktivitas guru pada siklus I mencapai 72,22?ngan kriteria cukup. Pada siklus II
terjadi peningkatan 94,,44?ngan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa
pada siklus I 70,83?ngan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan
93.05?ngan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa model Pembelajaran
Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas VI SD 25 Palu
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa Quantum Teaching, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114192
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item