MUHAMMAD SYAHPUTRA MAULANA (2024) IMPLEMENTASI PEMBOBOTAN TF-IDF PADA CHATBOT TELEGRAM UNTUK SISTEM LAYANAN INFORMASI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Chatbot populer dalam interaksi manusia-mesin dan efektif dalam layanan pelanggan, bantuan pengguna, dan pengelolaan informasi. Pengembangannya meliputi pengumpulan data pertanyaan, pemrosesan teks, dan penerapan algoritma TF-IDF untuk mengekstrak informasi relevan dari dataset. Penelitian ini mengkaji penerapan algoritma TF-IDF pada chatbot Telegram menggunakan dataset yang terdiri dari 94 dokumen dan 300 data uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma TF-IDF menghasilkan 268 respons yang relevan dan akurat, 12 respons yang tidak relevan namun tetap diberikan, dan 32 respons yang seharusnya relevan tetapi tidak ditemukan. Penggunaan algoritma TF-IDF, yang memberikan pembobotan pada kata-kata berdasarkan pentingnya dalam dokumen, menunjukkan akurasi yang cukup baik. Hasil ini didukung oleh pengujian relevansi menggunakan metrik umum dalam bidang information retrieval, yang menghasilkan nilai precision sebesar 95,71%, recall sebesar 89,33%, dan F1-Score sebesar 92,4%. Dengan nilai-nilai tersebut, kinerja chatbot Telegram dinilai sangat baik dalam memberikan respons.
Kata Kunci : Chatbot Telegram; Algoritma TF-IDF; Sistem Layanan Informasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114235 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |