FIFI ANGGRIANI (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SMKN 3 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Fifi Anggriani, 2024. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Merdeka Belajar Di SMKN 3 Paluâ€. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing Imran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Upaya-upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam mengimplementasikan profil pelajar Pancasila melalui program merdeka belajar di SMK Negeri 3 Palu, dan Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam mengimplementasikan profil pelajar Pancasila melalui program merdeka belajar di SMK Negeri 3 Palu. Penelitian ini Menggunakan Metode penelitian Kualitatif dengan tipe Deskriptif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 5 orang yaitu 1 orang wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 2 orang guru mata pelajaran PPKn dan 2 orang siswa. Dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, upaya yang dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila melalui program merdeka belajar di SMK Negeri 3 Palu sudah terlaksana, melalui kegiatan intrakurikuler dengan mengintegrasikan profil pelajar Pancasila kedalam modul ajar dan proses pembelajaran. Kegiatan kokurikuler penguatan proyek profil pelajar Pancasila (P5) dengan membuat proyek hidroponik dengan tema kewirausahaan, kegiatan ekstrakurikuler profil pelajar Pancasila diintegrasikan ke dalam ekstrakurikuler keagamaan, osis, pramuka, dan pmr. Budaya sekolah/pembiasaan disekolah, pada pengimplementasiannya diterapkan pada pembiasaan sholat, upacara bendera, kegiatan kerja bakti dan berinfaq. Faktor penghambat implementasi profil pelajar pancasila di SMKN 3 Palu, ketersediaan guru, keadaan siswa, dan waktu pelaksanaan, faktor pendukung, sarana dan prasarana serta kerjasama antar pihak.
Kata Kunci: Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Program Merdeka Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114326 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |