IMPLEMETASI BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 DONDO

DARMAWATI (2022) IMPLEMETASI BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 DONDO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Darmawati, (2022). Stambuk A 311 18 051 yang berjudul skripsi “Implementasi Blended Learning Pada Pembelajaran sejarah Di SMA Negeri 1 Dondo”. Skripsi Program Studi pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Hassan M.Hum

Permasalahan dalam tulisan ini (1) Bagaimana perencanaan blended learning pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dondo ?, (2) Bagaimana pelaksanaan blended learning pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dondo ?, (3) Bagaimana evaluasi blended learning pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dondo ?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam tulisan ini adalah (1) Menjelaskan perencanaan blended learning pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dondo, (2) Menjelaskan pelaksanaan blended learning pada pembelajaran di SMA Negeri 1 Dondo, (3) Menjelaskan evaluasi blended learning pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dondo. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Implementasi blended learning pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dondo berjalan dengan cukup baik dengan adanya penerapan model pembelajaran tersebut dalam proses pembelajaran sejarah di Kelas XI IPS 2 dapat memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran baik secara online maupun ofline. Guru melakukan proses yaitu (1) Perencanaan, pada tahap perencanaan Guru dan Wali Murid melakukan kegiatan sosialisasi rapat bersama kemudian menyiapkan RPP, smartphone dan buku paket sejarah kelas XI IPS 2. (2) Pelaksanaan, yaitu dengan penyampaian materi tanya jawab dan pemberian tugas, dan yang terakhir (3) Evaluasi, pada tahap ini Guru menilai Siswa dari tiga aspek yaitu penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan, Guru memeriksa tugas yang dikirimkan Siswa dengan cara difoto kemudian dikirim melalui messenger dan setelah itu menuliskannya di laporan.

Kata Kunci : Implementasi, Blended Learning, Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114472
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item