MOH ZEN (2021) IMPLIKASI PENDIDIKAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI SISWA BERPRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMP NEGERI 2 BANAWA TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Implikasi pendidikan orang tua dalam memotivasi siswa yang berprestasi  pada mata pelajaran sejarah di SMP Negeri  2 banawa tengah. Dengan tujuan untuk mengetahui  dan mendeskripsikan Implikasi  pendidikan orang tua dalam memotivasi  siswa berprestasi  belajar pada mata pelajaran sejarah  di SMP Negeri  2 Banawa Tengah. Adapun  metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe  pendekatan deskriptif . Sedangkan  tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi , wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan diwilayah Desa Lumbu Dolo Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala, setelah data berhasil dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif dengan metode alur meliputi komponen reduksi, penyajian, dan verifikasi. Sehubungan dengan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa orang tua siswa di SMP Negeri 2 Banawa Tengah. Telah memiliki pandangan yang  sehat  bagi pendidikan anak. Tentunya  merupakan hal yang sangat menggembirakan karena para orang  tua akan  berupaya  semaksimal mungkin untuk menanamkan  pendidikan dalam diri anak – anak mereka. Peran keluarga terutama orang tua siswa di SMP Negeri 2 Banawa Tengah dalam memberikan dorongan belajar dengan cara memberikan semangat  terhadap ciri  anak akan pentingnya suatu pendidikan untuk masa depan mereka, selalu berupaya memberikan motivasi  dengan cara membimbing dan  mengawasi  aktivitas anak agar anak bisa membagi waktu antara aktivitas bermain dan belajar sehingga tidak  mengabaikan tugas  belajarnya. Orang tua sendiri selalu mengontrol proses belajar anak untuk memastikan apakah anaknya sungguh – sungguh dan menerima sajian metari pelajaran  khususnya pelajaran sejarah, yang dimana masih kurangnya minat anak untuk belajar pelajaran sejarah. Hambatan keluarga terutama orang tua dalam memotivasi belajar anak ketersediaanya sarana komunikasi dan telekomunikasi seperti  televisi yang membawa pengaruh besar terhadap motivasi belajar anak, faktor – faktor  lingkungan turut pula mempengaruhi perkembangan  belajar anak.
Kata kunci : Pendidikan Orang tua, Memotivasi dan Anak
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114498 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

