IMPLIKATUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMPN 3 SINDUE

ARIFAHWASHFAH (2022) IMPLIKATUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMPN 3 SINDUE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk implikatur
dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 3 Sindue? (2) Bagaimana
fungsi implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 3 Sindue?
(3) Bagaimana strategi implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di
SMPN 3 Sindue? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk implikatur
dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 3 Sindue, mendeskripsikan
fungsi implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 3 Sindue,
dan mendeskripsikan strategi implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas
VIII di SMPN 3 Sindue. Data penelitian ini berupa data lisan serta sumber data berasal
dari tuturan guru dan siswa, siswa dan siswa SMPN 3 Sindue. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik catat dan teknik
rekam. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi
(1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
ditemukan bentuk implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN
3 Sindue meliputi (1) implikatur bentuk interogatif, (2) implikatur bentuk deklaratif, (3)
implikatur bentuk imperatif, adapun fungsi implikatur yang ditemukan dalam
pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 3 Sindue yaitu, (1) fungsi memotivasi, (2)
fungsi humor, (3) fungsi memberi kaitan, dan stratgei implikatur dalam pembelajaran
bahasa Indonesia di SMPN 3 Sindue antara lain, (1) strategi menolak dengan modus
menyatakan, (2) strategi melarang dengan modus bertanya, (3) strategi marah dengan
modus menyuruh, (4) strategi marah dengan modus bertanya, (5) strategi mengharapkan
informasi, (6) strategi mengharapkan tindakan dengan modus menyatakan, (7) strategi
menjawab, (8) strategi menagih dengan modus bertanya. (9) strategi menagih dengan
modus menyindir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114509
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item