IMPLIKATUR MEME DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBINAAN BAHASA INDONESIA DI MASYARAKAT

NUR FADILAH (2023) IMPLIKATUR MEME DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBINAAN BAHASA INDONESIA DI MASYARAKAT. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nur Fadilah, A11220002.”implikatur meme di media sosial facebook dan impilikasinya terhadap pembinaan bahasa Indonesia di masyarakat”, Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Moh. Tahir (2) Syamsuddin.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji (1) jenis implikatur, (2) fungsi implikatur dan (3) implikasi dari implikatur meme di media sosial facebook terhadap pembinaan bahasa Indonesia di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada akun media sosial facebook asupan meme Indonesia memiliki dua jenis implikatur yaitu implikatur konvensional dan implikatur nonkonvensional/percakapan,(2) fungsi implikatur meme yang terdapat pada media sosial facebook yaitu fungsi asertif, fungsi direktif dan fungsi ekspresif, (3) implikasi dari implikatur meme di media sosial facebook yang terdapat dalam kajian meme ini adalah bahwa penggunaan bahasa pada suatu meme sangat berpengaruh terhadap keberhasilan masyarakat dalam memahami suatu meme di media sosial.
Kata kunci : implikatur, meme, implikasinya terhadap pembinaan bahasa indonesia di masyarakat.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pend. Bhs. Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114510
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item