DEWI TRI RAHAYU (2021) Inovasi Guru Dalam Pembelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas V SD Integral Hidayatullah Tondo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Dewi Tri Rahayu, 2020. Inovasi Guru dalam Pembelajaran IPS pada Masa
Pandemi Covid-19 di Kelas V SD Integral Hidayatullah Tondo. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Inovasi Guru Dalam
Pembelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas V SD Integral
Hidayatullah Tondo. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V di SD
Integral Hidayatullah Tondo dengan jumlah total 25 siswa perempuan. Nilai ratarata jawaban responden terhadap angket yaitu sebesar 54% siswa yang menjadi
responden menjawab sangat setuju, 23% siswa yang menjadi responden menjawab
setuju, 14% siswa yang menjadi responden menjawab kurang setuju, dan 9% siswa
menjawab tidak setuju. Dari hasil yang diperoleh maka inovasi pembelajaran guru
kelas V SD Intgral Hidayatullah pada pembelajaran IPS masuk dalam kategori baik.
Inovasi yang diterapkan guru SD Integral Hidayatullah pada masa pandemic covid19 sudah menggambarkan sejauh mana pengadaan perubahan yang berdasarkan
situasi dan kondisi saat ini dengan langkah-langkah yang teratur dengan
memanfaatkan bahan-bahan atau media yang ada. Bimbingan yang diberikan guru
mendorong dan mengarahkan siswa untuk belajar, mengajukan pertanyaan,
mencari penyelesaian terhadap masalah yang diperoleh oleh siswa sendiri. Siswa
juga belajar untuk menyelesaikan tugas-tugas-nya secara mandiri dengan
memanfaatkan media dengan bijaksana. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara
daring dan luring, yang menyesuaikan dengan keadaan. Guru melakukan pemetaan
sebaran siswa berdasarkan alamatnya untuk membagi siswa. Proses belajar
mengajar kemudian dilakukan dalam kelompok kecil supaya bisa lebih efektif dan
tetap mematuhi protokol yang ada.
Kata Kunci: Inovasi Guru, Pembelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114652 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |