INTEGRASI METODE CERAMAH DAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 9 PALU

SINDI SILFANA (2024) INTEGRASI METODE CERAMAH DAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 9 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sindi Silfana, (2024) A31120005 yang berjudul integrasi Metode Ceramah Dan Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Kelas XI IIS 1 SMAN 9 Pal,Skripsi Program Study Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pendidikan Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Idrus Rore (pembimbing)
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola integrasi metode ceramah dan penggunaan media pembeljaran audioviual terhadap siswa kelas XI IIX 1 di SMAN 9 Palu? (2) Apa saja hambatan integrasi metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran audioviual bagi siswa kelasXI IIX 1 di SMAN 9 Palu?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pola integrasi metode ceramah dan penggunaanmedia pembelajaran audiovisual dalam proses pembelajaran sejarah kelas XI IIS 1 di SMAN 9 Palu (2) untuk mengetahui hambatan integrasi metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran audiovisual bagi siswa kelas XI IIS 1 di SMAN 9 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 yang berjumlah 27 orang. Berdasarkan data yang dieroleh, dikelola dan dianalisis, maka hasil penelitian ini menunjukan 1) pola intergasi metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran audioviual dalam proses pembelajaran sejarah kelas XI IIS1 di SMAN 9 Palu dikategorikan cukup baik, karena dengan menerapkan media pembelajaran yang bervariatif di dalam kelas dapat membuat para peserta didik menjadi lebih aktif dan produktif

ketika belajar. 2) Hambatan yang terjadi dalam proses integrasi metode ceramah dan penggunaan mediapembelajaran dalam proses pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 1 di SMAN 9 Palu tidak terlalu banyak, hal itu terjadi karena pengadaan media pembelajaran seperti infocus dan laptop sudah cukup memadai di sekolah SMAN 9 Palu. Dengan begitu minat belajar siswa semakin meningkat dengan adanya media pembelajaran sebagai alat bantu atau alat peraga dalam proses belajar menagajar.
Kata kunci : Integrasi, metode ceramah, dan media pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114670
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item