Interaksi Siswa SMA Negeri 1 Nuhon Dalam Bermain Game Online Di Kabupaten Banggai

FIRDATUN NURJANAH (2025) Interaksi Siswa SMA Negeri 1 Nuhon Dalam Bermain Game Online Di Kabupaten Banggai. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Firdatun Nurjanah B 201 20 023. Interaksi Siswa SMA Negeri 1 Nuhon Dalam Bermain Game Online Di Kabupaten Banggai. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Pembimbing (1) Abdul Kadir Patta, Pembimbing (2) Alimudin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi siswa SMA Negeri 1 Nuhon dalam bermain game online dan bagaimana akibat dari penggunaan game online pada siswa di sekolah SMA Negeri 1 Nuhon Kecamatan Nuhon Kabupaten Banggai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di sekolah SMA Negeri 1 Nuhon. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 (6 orang siswa yang aktif bermain game online dan kepala sekolah). Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa interaksi sosial pada siswa SMA Negeri 1 Nuhon dalam bermain game online membuat siswa menjadi lebih mudah bersosialisasi dengan teman-temannya dan bisa saling bekerja sama. Interaksi yang terjalin dari game online inilah yang membawa mereka tetap saling berinteraksi, baik pada saat bermain game atau diluar permainan game online tersebut. Kebanyakan siswa akan berinteraksi kembali dengan teman bermain game online mereka, walaupun hanya sekedar menanyakan kabar melalui WhatsApp atau untuk mengajak bermain game online kembali secara bersama-sama. Penggunaan game online pada siswa dapat memberikan akibat positif yakni berupa interaksi antara kakak dan adik, siswa dan temannya, siswa dan pasangannya, bisa menjadi lebih akrab karena adanya komunikasi yang baik terjalin pada saat mereka bermain game online tersebut. Game online dapat memeberikan hiburan pada siswa yang lelah karena seharian belajar di sekolah, serta hal yang seru untuk di mainkan pada saat kita bosan tidak melakukan kegiatan apapun dirumah. Game online juga dapat membawa akibat negatif bagi kesehatan dan pendidikan siswa, bermain game hingga larut malam dapat mengganggu pola tidur, menyebabkan kelelahan dan mengurangi konsentrasi di sekolah. Selain itu akibat terlalu banyak waktu di depan layar dapat menyebabkan masalah seperti ketegangan mata, postur tubuh yang buruk, dan masalah berat badan akibat kurangnya aktivitas fisik.
Kata Kunci : Interaksi, Siswa, Game Online

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Sosiologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114725
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item