JENIS-JENIS GULMA PADA PERKEBUNAN JAGUNG (Zea Mays) DI DESA ONGKA KABUPATEN PARIGI MOUTONG DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

MOH ASPAR (2024) JENIS-JENIS GULMA PADA PERKEBUNAN JAGUNG (Zea Mays) DI DESA ONGKA KABUPATEN PARIGI MOUTONG DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moh. Aspar, 2024. “Jenis-Jenis Gulma pada Perkebunan Jagung (Zea mays) di Desa Ongka Kabupaten Parigi Moutong dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Astija (2) Amalia Buntu.?

Penelitian ini bertujuan Untuk mengidentifikasi spesies gulma yang terdapat di perkebunan jagung yang ada di Desa Ongka, Kecamatan Ongka Malino dan pemanfaatannya sebagai media pembelajaran berupa buku saku. Metode yang digunakan adalah metode jelajah dengan teknik koleksi bebas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh sebanyak 18 spesies gulma, yang terdiri dari 11 family yaitu Asteraceae, Piperaceae, Poaceae, Acanthaceae, Euphorbiceae, Fabaceae, Lamiaceae, Cleomaleae, Phyllanthaceae, Juncaceae, Cyperaceae dan 10 ordo yaitu Asterales, Piperales, Cyperales, Poales, Scrophulariales, Euphorbiales, Fabiales, Lamiales, Bracssicales dan Malphigiales. Hasil penelitian yang diperoleh dijadikan sebagai media pembelajaran berupa buka saku melalui validasi oleh tim ahli dan 30 mahasiswa diperoleh presentasi nilai rata-rata sebesar 85,12% yang dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Jenis Gulma, Jagung, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114979
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item