NURDIANA (2022) KAMPANYE ASI EKSKLUSIF OLEH DINAS KESEHATAN DI KECAMATAN BARAS 2 KABUPATEN PASANGKAYU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurdiana Stambuk B50118139 Program Studi Ilmu Komunikasi.
Skripsi "Kampanye ASI Eksklusif oleh Dinas Kesehatan di Kecamatan Baras 2
Kabupaten Pasangkayu". Di bawah bimbingan Ibu Hj. Israwaty Suriady, dan
Ibu Rizqy Alfiyaty.
Penelitian ini
1 melihat model Kampanye dengan menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif, melalui pendekatan model kampanye Nowak dan
Warneryd. Subjek Penelitian Puskesmas Baras 2 Kabupaten Pasangkayu, dengan
objek penelitiannya Ibu yang bertugas dibidang promosi kesehatan dalam
Puskesmas Baras 2 dan ibu menyusui. Melakukan wawancara dengan petugas
puskesmas yang bertugas sebagai promosi kesehatan untuk menyakinkan kepada
ibu hamil dan ibu menyusui tentang pentingnya pemberian ASI eksklusif selama
O bulan sampai 6 bulan
Hasil penelitian ini yang memiliki beberapa tahapan, efek yang diharapkan
dilaksanakannya kampanye oleh puskesmas untuk mengubah pola pikir
masyarakat untuk bisa memberikan ASI kepada bayi, memberikan edukasi
konseling pola makan, perilaku makan dan aktifitas fisik bagi ibu hamil dan ibu
menyusui. Persaingan komunikasi yaitu potensi yang mungkin saja terjadi pada
saat proses kampanye dilakukan, lalu ada target populasi dan kelompok penerima
dalam proses kampanye yang dilakukan, puskesmas memiliki target kepada ibu
hamil dan ibu menyusui. Saluran yang digunakan puskesmas dalam melakukan
kampanye yaitu menggunakan media dalam bentuk brosur dan penyampaian
informasi langsung diposyandu, pesan yang digunakan dalam brosur yaitu terkait
pengertian ASI dan manfaat ASI, proses penyampain pesan juga menggunakan
bahasa sehari-hari untuk lebih mudah dipahami oleh target atau ibu menyusui
Komunikator yang bertugas menyampaikan pesan yang akan dituju ke petugas
puskesmas dibidang promosi kesehatan. Faktor yang menjadi alasan kurangnya
presentasi pemberian ASI di Kecamatan Baras 2 dari ibu yang masih kurang
memiliki kesadaran dan pengetahuan mengenai manfaat ASI.
Kata Kunci: Kampanye ASI Eksklusif, Puskesmas Baras 2, Ibu menyusui
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/115434 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |