MOHAMAD RAFIL AKBAR (2022) Kampanye Kesehatan Mental Pada Rumah Berbagi Terhadap Generasi Z. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Mohamad Rafil Akbar, B 501 17 093 Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Public Relations, “Kampanye Kesehatan Mental pada Rumah Berbagi terhadap Generasi Zâ€. Dibawah bimbingan Ilyas dan Rizqy Alfiyaty.
Penelitian ini bertujuan mengetahui Model Kampanye Kesehatan Mental pada Rumah Berbagi terhadap Generasi Z. Dasar penelitian ini mengacu pada metode studi kasus. Teknik penentuan jumlah informan dipilih dengan metode purposive. Informan berjumlah empat orang yaitu, General Manager Rumah Berbagi, Officer of Ruang Dengar and Counselor Rumah Berbagi, Marketing Manager Rumah Berbagi, dan Satu orang Mahasiswa Untad.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kampanye Kesehatan Mental pada Rumah Berbagi terhadap generasi z adalah 1) Analisis Masalah, penyebab masyarakat Sulawesi Tengah mendapat kasus tertinggi depresi yaitu aktor ekonomi menurun dan bencana alam. 2) Tujuan, yaitu mewujudkan masyarakat Sulawesi Tengah yang memiliki derajat Kesehatan Mental yang tinggi melalui kegiatan sosialisasi, live instagram, seminar dan webinar. 3) target masyarakat, adalah masyarakat Sulawesi Tengah yang berusia 15 tahun keatas. 4) Pesan, Rumah Berbagi selalu menyisipkan pesan-pesan kesehatan berupa Tagar atau satu kalimat pendek yang mengandung makna yang berarti bagi mereka yang membaca maupun mendengarnya. 5) Saluran, Rumah Berbagi banyak melakukan kegiatan kampanye secara langsung melalui pelatihan atau seminar, sosialisasi kesekolah dan ke masyarakat. Melakukan siaran langsung lewat media sosial membahas tentantang topik-topik yang banyak di bahas orang atau topik viral tekait istilah kesehatan. 6) Hambatan, sumber daya alam yang sedikit dan masyarakat yang kurang terbuka. 7) Evaluasi, rumah berbagi rutin melakukan evaluasi setelah kampanye serta menyisipkan harapan-harapan kecil untuk rumah berbagi itu sendiri serta masyarakat sulawesi tengah.
Kata Kunci: Kampanye, Komunikasi Kesehatan, Kesehatan Mental, Generasi z
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/115437 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |