LISDA SITANDE (2022) KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTIONS PADA SEMESTER GENAP KELAS XI IIS DI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Lisda Sitande, 2021. Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan
Menggunakan Metode Learning Starts With A Questions Pada Semester Genap
Kelas XI IIS Di SMA Labschool Untad Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan, Untiversitas Tadulako. Pembimbing Mutawakkil, S. Ag.,M.Pd
Permasalahan dalam hasil penelitian ini yaitu: 1) Mengapa keaktifan peserta
didik menurun dalam penerapan metode Learning Starts With A Questions pada
pembelajaran online semester genap kelas XI IIS di SMA Labschool Untad Palu ?
2) Bagaimana upaya guru sejarah dalam mengatasi penurunan keaktifan peserta
didik pada semester genap kelas XI IIS di SMA Labschool Untad Palu? Penelitian
ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penyebab menurunnya keaktifan peserta
didik semester genap kelas XI IIS di SMA Labschool Untad Palu. 2)
Mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi penurunan keaktifan peserta didik
pada semester genap kelas XI IIS di SMA Labschool Untad Palu. Jenis penelitian
ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu:
Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil artikel ini menunjukkan 1) Ada 2
faktor yang menjadi penyebab menurunnya keaktifan siswa kelas XI IIS
diantaranya yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan
faktor yang berasal dari dalam diri siswa yaitu motivasi, perhatian, kurangnya rasa
percaya diri dan kemampuan siswa dalam memahami materi. Sedangkan faktor
eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa yaitu faktor keluarga
yaitu kurangnya perhatian dan dorongan dari orang tua kepada anak, faktor
sekolah seperti metode dan media yang digunakan yakni zoom dianggap kurang
efektif, dan faktor jaringan yang mempengaruhi proses pembelajaran siswa pada
saat pembelajaran dengan menggunakan zoom. 2) guru telah berupaya dengan
menggunakan beberapa cara yakni menambah metode dan media yang digunakan.
Metode tersebut antara lain metode penugasan, ceramah dan diskusi. Media yang
digunakan yaitu Google meet dan Classroom Selain itu untuk membuat peserta
didik tidak merasa bosan, sesekali guru mengajak siswa untuk bercanda,
kemudian ketika pembelajaran berlangsung guru menyelingi dengan beberapa
gambar dan video pembelajaran.
Kata Kunci: Keaktifan, Metode LSQ, Upaya Guru
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/115851 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |