SARDI (2025) KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHANA JRNIS KERANG KIMA ( TRIDACNA ) DI PERAIRAN LAUT DESA KOLO BAWAH KABUPATEN MOROWALU UTARA DAN PEMAFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELLAJARAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan mendeskripsikan 
keanekaragaman dan kelimpahan jenis Kerang Kima (Tridacna) di Desa Kolo 
Bawah Kabupaten Morowali Utara dan untuk mengetahui apakah layak di 
manfaatkan menjadi media pembelajaran dalam bentuk buku saku. Metode yang 
digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Kolo Bawah 
Kabupaten Morowali Utara pada bulan Maret 2024. Dalam menentukan lokasi 
penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan menentukan 3 lokasi 
yang berbeda yaitu batuan, karang, dan daerah lamun sebagai stasiun penelitian. 
Teknik pengambilan sampel berdasarkan ekosistem Kima, dengan menggunakan 
metode line transect dengan teknik pengambilan sampel koleksi bebas. Luas 
pengamatan area penelitian yaitu 2.400 m, daerah pengambilan sampel Kima 
dengan 3 stasiun. Masing-masing stasiun di tarik garis transek sepanjang 30 meter 
ke arah laut, jarak setiap transek yaitu 15 meter. Pengambilan sampel dilakukan 2 
kali pengulangan yaitu pada saat air laut surut yaitu pada siang hari pukul 12:00 
WITA akan tetapi disesuaikan dengan kondisi dan keadaan pada saat di lokasi 
penelitian. Keanekaragaman jenis kerang kima (Tridacna) di Desa Kolo Bawah, 
Kabupaten Morowali Utara adalah H’ = 1,65. Hasil perhitungan menunjukkan 
bahwa nilai keanekaragaman spesies kerang kima kategori sedang. Kelimpahan 
jenis kerang kima (Tridacna) di Desa Kolo Bawah, Kabupaten Morowali Utara 
berturut-turut untuk (Kelimpahan Tinggi) pada jenis Tridacna crocea 22%, 
Hippopus hippopus 23%, Tridacna maxima 25%. Kedua (Kelimpahan sedang) pada 
jenis Tridacna squamosa 19%. Ketiga (kelimpahan rendah) pada jenis Tridacna 
gigas 7?n Tridacna derasa 4%, Kelayakan buku saku diperoleh hasil penilaian 
dari dosen ahli isi, ahli media, ahli desain, dan mahasiswa sebesar 78,4% yang 
berarti layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Keanekaragaman, Kelimpahan, Tridacna, Media pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/115885 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

