KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI DIRI MAHASISWA TAHUN PERTAMA

ENDA CAHYA FAHIRA (2022) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI DIRI MAHASISWA TAHUN PERTAMA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah resiliensi diri mahasiswa sesudah mengikuti konseling kelompok realita meningkat dibandingkan sebelum mengikuti konseling kelompok realita. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu konseli dalam memenuhi otonominya, dan diperlukannya kematangan sebagai kemampuan untuk mengganti dukungan lingkungan serta dukungan internal. mahasiswa dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket resiliensi diri. data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti konseling kelompok realita dari 6 mahasiswa yang diteliti terdapat 5 mahasiswa yang memiliki resiliensi diri yang rendah dan 1 mahasiswa yang memiliki resiliensi diri yang sangat rendah. Sesudah mengikuti konseling kelompok realita mengalami peningkatan yaitu 3 mahasiswa yang memiliki resiliensi diri yang sedang, 3 mahasiswa yang memiliki resiliensi diri tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa resiliensi diri mahasiswa yang diteliti sesudah mengikuti konseling kelompok realita lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti konseling kelompok realita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116323
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item