KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 4 SD INPRES BINANGGA

YASRI Z (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 4 SD INPRES BINANGGA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Binangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres Binangga yang berjumlah 21 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 11 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 10 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa Tes Pilihan Ganda, dan Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,002 < 0,005 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran Nobangan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116330
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item